Kades Pakuan Siap Buktikan Kesuksesan STQ Tingkat Kecamatan Tahun 2022

  • Sep 14, 2022
  • Admin Desa Pakuan

Lombok Barat - Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) pada tahun ini Desa Pakuan Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat di tunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan STQ tersebut, acara akan berlangsung mulai dari tanggal 18 - 21 September 2022.

"Rusman Efendi" selaku ketua panitia STQ mangatakan bahwa persiapan acara sudah mencapai 50% yang tentunya melibatkan panitia dari desa pakuan dan panitia dari kecamatan narmada, kami akan terus menjalin komunikasi agar acara ini berjalan sesuai harapan kami bersama.

Ada tiga majlis yang akan menjadi sentral untuk Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) "majlis Pertama" di Mushola China kategori Tahfiz dan tilawah. "majlis kedua" di masjid untuk kategori tahfiz quran 1 - 5 jus dan tilawah. "majlis ketiga" di madrasah kategori tahfiz qur'an 10 - 30 jus dan tilawah kemudian ada tafsir qur'an menggunakan bahasa arab di masing-masing majlis ada tingkat anak-anak dan dewasa. "Ungkapnya" ketua panitia.

Lebih lanjut "Rusman Efndi" mengungkapkan bahwa Pesertanya terbuka untuk umum yang terpenting sudah memenuhi standarisasi persyaratan, informasi peserta di setiap kontgen/kafilah desa sudah ada cuma belum menyerahkan data base karena alur pendaftaran peserta mulai dari desa masing-masing kemudian nantinya di  Kantor Urusn Agama (KUA) Kecamatan Narmada. Di KUA nantinya akan terdata siapa saja peserta yang sudah mendaftar untuk STQ tingkat kecamatan ini, kemudian di serahkan ke pada panitia penyelnggara. "Ungkapnya". Rabu, 07/09/2022.

Sementara itu Kepala Desa Pakuan menyatakan. STQ  ini Momentum yang sangat luar biasa, menjadi tuan rumahpun bergilir yang setiap tahunnya dan Alhamdulillah Desa Pakuan kali ini di tunjuk sebagai tuan rumah, tentunya suport dari kecamatan sangat baik sehingga kami juga akan terus berkolaborasi melalui panitia desa dan kecamatan Narmada.

"STQ ini tentunya akan memberikan dapak yang baik untuk masyarakat karena kami lihat dari antusias masyarakat responnya positif semua, tentunya dengan kesiapan dan persiapan yang matang dari pihak panitia juga".

Ia juga menerangkan. Rangakain acaranya mulai dari pawai ta'aruf starnya dari SDN 1 Pakuan sampai Mushola china, tentunya kami mengajak seluruh elemen masyarakat ikut terlibat untuk mensukseskan dan memeriahkan acara tersebut kita harus buktikan desa pakuan mampu menjadi tuan rumah yang baik. "Ujarnya" Mardan Haris (Kades Pakuan).

"Kami berharap bapak bupati Lombok Barat dapat hadir dan membuka acara STQ tingkat kecamatan narmada nantinya".

Sekretaris Kecamatan Narmada mengungkapkan. Sebenarnya sudah ada kesepakatan untuk kegiatan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) yang di selenggarakan setiap tahun, kebetulan desa pakuan kami tunjuk sebagai tuan rumah karena desa pakuan ini adalah tujuannya nanti menjadi ikon lomba desa dan menjadi desa binaan kami di kecamatan narmada.

Dan tentunya pihak desa dengan kecamatan akan kerjasama karena kami dari kecamatan akan betul-betul membina dan mengkawal desa pakuan secara baik, kemudian kami akan rapat di kecamatan untuk pematangan acara STQ dan progres selanjutnya. "Ungkapnya" Suri. Rabu, 07/09/2022.

Dari 21 desa yang ada di kecamatan narmada kami harapkan masing-masing desa dapat mengirimkan atau ikut sertakam dalam acara tersebut, kita tahu sendiri bahwa peserta STQ yang lolos ini akan ikut seleksi sampai kabupaten dan seterusnya sehingga menjadi peserta MTQ juga, semua ini tidak terlepas dukungan atau keterlibatan seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama mensukseskan acara tersebut. "Tutupnya" Sekretaris Kecamatan Narmada.