Kominfo Hadir Sebagai Pamateri Pada Pelatihan PPID Desa Pakuan

  • Dec 14, 2022
  • Admin Desa Pakuan

Desa Pakuan – Pelatihan Peningkatan Kapasitas PPID (Pejabat Pengelola Informasi Desa) di Desa Pakuan memasuki hari pertama. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Pakuan Kecamatan Narmada Rabu, 14 Desember 2022. Pelatihan ini dihadiri oleh anggota PPID, Sekertaris Desa, Kepala Desa, pendamping Kecamatan Narmada dan Narasumber dari Jurnalis Lombok Barat serta Perwakilan Kominfo Lombok Barat.

Pelatihan PPID ini dibuka oleh Sekdes Pakuan Muhamad Swandi, kemudian disambut oleh Kepala Desa Pakuan Mardan Haris. Dalam sambutannya Kepala Desa Pakuan mengungkapan.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi informasi kedepannya. Semua informasi sangat penting, oleh karena itu segala bentuk pembelajaran sangat dibutuhkan, baik cara membuat berita yang benar serta dokumentasi yang tepat.”

Pada kesempatan ini Dedi Suherman selaku Jurnalis Lombok Barat memberikan materi pertama mengenai tata cara pembuatan berita yang baik, unsur-unsur berita, ciri-ciri berita. Dilanjutkan Arif Rachman Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Diskominfo Lombok Barat pada materi kedua.

"PPID harus ada di masing-masing desa, karena itu merupakan salah satu syarat desa memasuki era digitalisasi guna memberi keterbukaan informasi publik. Saya cukup apresiasi kepada Desa Pakuan karena sudah membuat PPID. Karena target kita semua desa di Lombok Barat harus ada PPID. Bisa jadi suatu saat Desa Pakuan mewakili program PPID ke tingkat Nasional." Ujar Arif Rachman.

Selain itu paparan materi berikutnya difokuskan ke penulisan berita yang memenuhi 5W+1H, sumber berita / KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) dan keterlibatan PPID sebagai pengawal berita di desa serta diskusi tanya jawab.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan potensi desa, terutama dalam dukumentasi serta keterbukaan informasi publik. Sehingga Masyarakat luas mendapatkan informasi yang tepat, akurat, aktual dan terdepan. (E/H).