Musyawarah Penetapan dan Perubahan APBDes 2022 Serta Penetapan RKPDes dan DU-RKPDes Tahun 2023

  • Sep 23, 2022
  • Admin Desa Pakuan (hrs)

Pakuan - Musyawarah Penetapan dan Perubahan APBDes 2022. Dan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa, sekaligus Penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah 2023 berlangsung di Aula Kantor Desa Pakuan, Jum'at (23/09).

Musyawarah pertama dibahas mengenai Penetapan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes P.). Dimana Kepala Desa Pakuan Mardan Haris menjadi pembicara sekaligus menjelaskan beberapa anggaran APBDes tahun 2022 yang mengalami perubahan. Hal ini terkait dengan adanya berbagai kegiatan yang dilaksanakan diluar anggaran 2022.

"APBDes Dilaksanakan satu kali dalam setahun. Namun jika ada perubahan kegiatan yang tidak terduga, bisa satu sampai tiga kali dalam setahun, tergantung peraturan Bupati, Menteri dan lain sebagainya.

Kegiatan STQ yang dilaksanakan baru-baru ini menjadi salah satu alasan perubahan APBDes. Kegiatan pembangunan saluran dialihkan menjadi kegiatan rapat. Mesin pencacah rumput masih tidak bisa terealisasi karena kegiatan emergency (mendesak), serta masih banyak kegiatan lainnya yang mengalami perubahan," ungkap Kepala Desa Pakuan ketika menjadi pembicara musyawarah.

Beliau juga menegaskan "Inti dari pertemuan ini merupakan bagian dari proses musyawarah dusun dan desa, serta dimuat dalam berita acara."

Kepala Desa Pakuan juga menerangkan Mengenai RKPDes 2023.

"Beberapa tim belum sepenuhnya tercover. Beberapa kegiatan belum dilaksanakan, untuk menuntaskan APBDes murni tahun 2023.

Harapan kedepannya kegiatan tahun 2023 tuntas di tahun ini dalam perencanaan. Dan itu menjadi salah satu prasyarat membuat anggaran yang optimal."


Selain Kepala Desa Pakuan, Sekretaris Desa dan perangkat desa lainnya. Musyawarah kali ini dihadiri juga oleh Ibu Camat Narmada, Ketua BPD dan anggota, Ketua LPM dan anggota, Bapak Babinsa Pakuan, Ibu Pendamping Desa, Tokoh Agama dan Masyarakat, Ibu PKK dan semua kader, serta PPID Desa Pakuan.

Pada ksempatan berikutnya secara terpisah Ibu Camat Narmada sangat mengapresiasi kinerja Desa Pakuan dan jajaran dalam mensukseskan kegiatan STQ ke-XXVII Tingkat Kecamatan Narmada.

"Semoga yang dilakukan menjadi berkah kepada Desa Pakuan, karena sukses melaksanakan kegiatan STQ," Ungkap Ibu Camat Narmada.

Demikian musyawarah dilaksanakan, dilanjutkan dengan penandatanganan APBDes P. 2022, diakhiri dengan sesi tanya jawab yang berlangsung lancar. Dengan adanya musyawarah desa maka keterbukaan informasi semakin baik. Sehingga didapatkan solusi dari setiap anggaran yang direncanakan, perubahan maupun yang sudah ditetapkan.

Editor: Muhammad Haris.